Resep Cara Membuat Kue Bungong Kayee Khas Aceh

Resep Cara Membuat Kue Bungong Kayee Khas AcehBungong Kayee atau memiliki nama lengkap Peunajoh Tho Bungog Kayee, adalah cemilan dari jenis kue  kering yang memiliki tekstur renyah dan legit. Rasa manisnya juga sangat berasa karena memang kue khas Aceh ini diberi lapisan gula dalam pembuatannya. Yang menjadi keunikan dari kue bungo kayee aceh adalah bentuknya yang menyerupai bunga. Karakternya juga khas dengan dominan warna putih pucat yang dikombinasikan dengan cokrak warna merah dan hijau.

Arti dari bungong kayee sendiri adalah bunga kayu. Dinamakan demikian mungkin karena bentuk dan warnanya yang mirip dengan bunga dari pahatan kayu. Di wilayah pantai barat Aceh anda akan dapat dengan mudah menemukan kue tradisional ini. Jadi, saat berkunjung ke sana jangan lupa di bawa buat oleh-oleh ya.

Warga setempat umumnya membuat kue kering bungong kayee untuk berbagai keperluan seperti untu stok cemilan, untuk buah tangan ketika berkunjung dan bersilatrahmi ke sanak famili, jamuan di acara pernikahan, riungan keluarga, acara adat atau duka cita dan lain-lain.

Resep Cara Membuat Kue Bungong Kayee Khas Aceh

Bahan dan Cara Membuat Kue Bungong Kayee Aceh

Bagia anda yang tertarik ingin mencoba berkreasi di rumah dengan membuat cemilan kue bungong kayee khas Aceh, anda bisa terlebih dulu mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti gula, telur, tepung kanji, beras ketan dan pewarna makanan. Adapun langkah pembuatannya cukup sederhana yaitu seperti pembuatan adonan kue pada umumnya di mana bahan yang sudah disiapkan dicampurkan dan diuleni sampai kalis.

Selanjutnya adonan ini digiling tipis dengan manual menggunakan tangan dan baru kemudian dibentuk seperti menyerupai bunga. Sementara pewarna makanan sengaja disiapkan sebagai hiasan kuenya. Cukup oleskan saja pada bagian lekukan kue sampai bercorak. Setelah itu, baru kue digoreng dalam genangan minyak panas.

Baca Juga : Resep Membuat Bada Reuteuk Khas Aceh

Namun sebelum mulai penggorengan kue, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips menggoreng kue bungong kayee seperti jangan menggoreng kue dengan minyak yang terlalu panas atau kue akan cepat gosong, kue yang digoreng juga harus diaduk-aduk supaya mengembang dan lakukan secara perlahan dan kemudian tiriskan, setelah digoreng mengembang lalu goreng kembali kue sampai matang dan kering. Diamkan kue yang sudah matang kering sampai dingin.

Karena manisnya menggunakan lapisan gula, maka kue bungong kayee diberi lapisan gula dari campuran air dengan gula yang sebelumnya telah dimasak sampai kental. Tinggal celupkan saja kue keringnya satu persatu sampai kue terlapisi secara merata dan baru kemudian dibiarkan kering.

Jika menyimak proses pembuatannya memang diperlukan ketelitian baik dari mulai pembentukan kue hingga jadi bunga, sampai pada penerapan corak warna pada tiap kuntum bunganya. Karena itu juga kenapa sekarang ini sudah tidak banyak yang membuat kreasi kue kering yang satu ini. Namun demikian anda tetap bisa mendapatkannya di toko kue yang ada di daerah sekitar pantai barat Aceh dengan kisaran harga yang cukup variatif.

Membeli atau membuatnya dalam jumlah banyak tidak akan perlu kuatir tidak termakan cepat. Kue kering bungong kayee aceh ini adalah jenis kue kering yang tahan lama.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Teh Tarik Aceh Spesial

Nah, itu saja yang dapat resepdanmakanan.com ulas mengenai resep cara membuat kue bungong kayee khas aceh. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.

Hasil Pencarian:

cara buat kue bungong mulu com,resep bungong kaye,resep kue bungong kaye khas aceh,
loading...
Resep Cara Membuat Kue Bungong Kayee Khas Aceh | resepdanmakanan.com | 4.5