Resep Masakan Kabuto Sulawesi Tenggara

Resep Masakan Kabuto Sulawesi Tenggara – Kepulauan Muna merapakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah ini memiliki satu sajian kuliner khas bernama kabuto.

Kabuto adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon yang difermentasi lalu dikukus matang. Makanan sangat sederhana karena tanpa tambahan komposisi lain selain air sebagai bahan perebusnya. Adapun pada penyajiannya kabuto dilengkapi dengan taburan kelapa parut atau tambahan lauk pauk. Makanan ini bisa diibaratkan pengganti nasi karena memang masih merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat tinggi sehingga aman dan sehat bila dikonsumsi dengan langkah penyajian dikukus, direbus atau dibakat.

Untuk anda yang ingin mencoba menikmati kuliner sederhana namun kaya serat dan sehat, kabuto khas sulawesi tenggara ini bisa menjadi pilihan sajian untuk di hadirkan di meja makan. Tata cara pembuatannya bisa selengkapnya anda lihat di bawah ini.

Resep Masakan Kabuto Sulawesi Tenggara

Resep Kabuto Khas Sulawesi Tenggara

Komposisi

  • Ketela pohon/singkong sesuai selera
  • Air putih bersih secukupnya

Cara Membuat Makanan Khas Sulawesi Tenggara Kabuto Enak Sehat

  1. Kupas kulit singkong, kemudian cuci sampai bersih dan jemur di bawah terik matahari langsung kurang lebih 3 hari lamanya hingga benar-benar kering.
  2. Selanjutnya singkong difermentasi dengan cara disimpan dalam wadah kedap udara selama kurang lebih satu malam lamanya hingga warnanya berubah gelap.
  3. Jemur kembali singkong yang sudah selesai difermentasi hingga kering, lalu kikis bagian kulitnya dengan menggunaka piasu dan poton-potong kecil halus.
  4. Siapkan air dalam wadah baskom lalu rendam potongan singkong tadi ke dalam air tersebut kurang lebih 8 jam lamanya.
  5. Cuci bersih potongan singkong yang sudah direndam lalu masukkan ke dalam pengukusan dan kuku matang kurang lebih 30 menit lamanya. Angkat dan sajikan.

Kabuto yang sudah matang biasanya disajikan bersama pelengkap kelapa parut sebagai taburan dan atau lauk pauk. Meski sudah difermentasi, kabuto tetap hanya dapat bertahan kurang lebih 12 jam lamanya dan setelah itu perlu dihangatkan kembali jika akan dikonsumsi. Selamat mencoba!

resep kabuto,resep makanan kabuto,cara membuat kabuto,resep makanan khas sulawesi tenggara,resep kue khas sulawesi tenggara,resep kue dari sulawesi tenggara,makanan kabuto,kabuto makanan khas sulawesi tenggara,cara membuat makanan kabuto,kabuto khas sulawesi tenggara,
loading...
Resep Masakan Kabuto Sulawesi Tenggara | resepdanmakanan.com | 4.5